Tan Malaka: Bapak Republik Indonesia, Jasanya Terasa, Namanya Dilupa. Apa Kabar Bung?

- 15 Agustus 2022, 09:29 WIB
Tan Malaka.
Tan Malaka. /Dok. Wikimedia/

PURWAKARTA TALK – Tan Malaka adalah seorang pahlawan nasional, pelopor terciptanya negara Republik Indonesia. Dalam bukunya yang berjudul Naar de Republiek Indonesia (Menuju Republik Indonesia) yang terbit tahun 1925, konsep negara Republik Indonesia digagas oleh Tan Malaka.

Tan Malaka bernama asli Ibrahim dan bergelar Datuk Sutan Malaka. Ia lahir di Bukit Tinggi pada tahun 1897. Dan meninggal pada tahun 1949, empat tahun setelah Republik Indonesia merdeka.

Tan Malaka adalah murid dari HOS Cokroaminoto, sama seperti Soekarno. Walaupun mempunyai guru yang sama, Tan Malaka lebih revolusioner daripada Soekarno yang lebih mengedepankan diplomasi untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Penyanyi Cilik Bersatu untuk Selamatkan Lagu Anak, dari Tasya, Joshua, hingga Tina Toon Bernyanyi Lagi

Dalam perjuangannya untuk merdeka 100 persen, Tan Malaka menjadi buronan di negerinya sendiri. Ia bahkan memiliki banyak nama samaran untuk mengelabui musuhnya.

Tak jarang, Tan Malaka juga sering tertangkap dan dijebloskan ke penjara sebagai tahanan politik. Buku yang berjudul “Dari Penjara ke Penjara” adalah saksi abadi yang masih bisa kita lihat perjuangannya.

Tan Malaka juga pernah mendirikan partai yang bernama Partai Murba. Murba lebih diartikan sebagai singkatan dari Musyawarah Rakyat Banyak. Padahal Murba diambil dari bahasa Sanskrit yang mempunyai arti “rakyat jelata”.

Baca Juga: Lowongan Kerja di PT Astra Honda Motor, Cek Disini Infonya!

Dalam buku Menuju Republik Indonesia, ada 10 program ekonomi yang dicita-citakan oleh Tan Malaka.

Halaman:

Editor: Abdul Muit


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah