Ajak Masyarakat Berkebun, Produsen Benih Tanaman Galakan 'Urban Farming'

- 13 September 2020, 13:58 WIB
ILUSTRASI urban farming.*
ILUSTRASI urban farming.* /Pixabay/Moneyforcoffee/

PR DEPOK - Bercocok tanam di pekarangan rumah menjadi tren baru bagi masyarakat urban, terlebih saat pemerintah mengimbau untuk melaksanakan pekerjaan di rumah atau work from home karena diberlakukanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sementara itu, produsen benih tanaman sayuran PT East West Seed Indonesia (PT Ewindo) mengajak ibu-ibu rumah tangga di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, untuk bercocok tanam di pekarangan rumah.

Glenn Pardede, Direktur PT Ewindo dalam siaran pers yang diterima di Purwakarta pada Sabtu, 12 September 2020 mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah memberikan edukasi kepada kalangan ibu-ibu di Kampung Malang Nengah, Kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta.

Baca Juga: Meski di Tengah Pandemi, Kemendikud Minta Orang Tua Tetap Masukan Anaknya ke PAUD

Lebih lanjut Glenn mengatakan bahwa edukasi tersebut terkait pelaksanaan cocok tanam dengan membuat kebun demplot di pekarangan rumah.

Glenn pun mengatakan bahwa demplot-demplot yang dibuat, berada di pekarangan rumah warga sehingga tujuan utamanya yakni untuk memberi pengetahuan, khususnya praktik budidaya sayuran yang baik di wilayah perkotaan.

Ia pun berharap bahwa Kampung Malang Nengah bisa menjadi rujukan mengenai konsep kampung Eco Village, sehingga masyarakat dapat merasakan dampak peningkatan kesejahteraan dengan menjual hasil panen dan tetap mengutamakan kelestarian lingkungan yang ada disekitar.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Kabar Swab Test Bisa Merusak Otak

"Nantinya diharapkan di Kampung Malang Nengah ini bisa menjadi konsep kampung Eco Village agar masyarakat bisa merasakan peningkatan kesejahteraan dengan menjual hasil panen dan tetap mengutamakan kelestarian lingkungan," kata Glenn seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari ANTARA.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kegiatan urban farming sekaligus untuk menunjukkan peran penting wanita dalam budidaya sayuran dan lebih lanjut untuk mempromosikan pentingnya mengonsumsi sayuran, hal ini lantaran seorang ibu rumah tangga menjadi penentu keluarga yang sehat.

Halaman:

Editor: Billy Mulya Putra

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X